Belajar Online

Tuesday, July 11, 2006

Mengenal Dasar – Dasar HTML

Hmm…kenapa yah tiba-tiba gw buat ini? Sebenernya gw juga binggung sih, kyknya ini pembahasan dah basi banget..waktu kelas 2 smp gw dah bisa nih pake ginian (Uupss..Sombong nya keluar deh :p ). tapi gw rasa ini perlu buet org2 yang pengen belajar pemrograman yang berbasis web, soalnya ini dasar dari segala-galanya di dalam dunia maya. :D

HTML singkatannya Hyper Text Markup Language. HTML itu sendiri adalah file text yang berisi markup tag-tags yang simple2, markup tag itu sendiri kyk koding yang default buet komunikasi dengan web browser untuk seperti apa sih tampilan page yang diinginkan. trus kalo buet HTML bisa dengan notepad / dreamweaver / textpad / text editor lainnya asalkan bisa disave dengan extension htm / html (.htm / .html)

Cara paling mudah untuk mencoba buet diwindows sih tinggal klik start, pilih run ketik notepad. Kalo di mac tinggal pilih simple text (tapi gw kgk tahu letak simple text dimana, so bagi yg tau boleh tuh kasi koment biar gw bisa perbaikin nih tulisan :p )

Nah buet yang nga sabar mencoba gw kasih contoh kodingnya yah.


<html>


<head>


<title> page Percobaan 1


</title>


</head>


<body>


Hello World, ini adalah homepage pertama saya


</body>


</html>



Setelah copy / tulis koding ini simpan dengan nama apa saja namun dengan extension .htm / html. Trus buka deh file ini. Caranya yah gampank aja asalkan punya browser tinggal di klik aja filenya. Nanti juga muncul sendiri.


Oh iya lupa soal gaya penulisan ini, sebenarnya sih Cuma buet rapi aja, kalo misalnya lu mau tulis kyk “<html><head><title> dan seterusnya… “ maksudnya tulis semua koding ini 1 baris aja gpp kok, asalkan tag /tagnya jangan lupa aja ( maksudnya tag itu yg ada “<>” or “ </ >” ).


Sebelumnya gw jelasin dulu yah maksudnya apa tuh koding diatas.


<html> koding ini tuh tag yang buet kasi tahu ke browser kalo mulai dari tulisan ini udah menjadi bagian dari dokumen HTML. Dan diakhir penulisan pasti diberikan tag </html> buet kasih tahu ke browser kalo dokumen HTML itu abis sampai disitu.


Tulisan diantara <head> tag dan </head> adalah informasi tentang header, header informasi ini ngga bakal ditampilin didalam browser. Tulisan antara <title> tag dan </title> adalah judul dari dokumen yg kita buat. Judul ini akan ditampilkan di browser.


Tulisan didalam tags <body> & </body> adalah bagian isi yg akan ditampilkan didalam halaman page browser tersebut. Tulisan antara <b> dan </b> menandakan bahwa tulisan tersebut akan ditampilkan dalam bentuk bold font.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home

hit counter script